Senin, 22 Februari 2016

Delapan Rahasia Sukses Berbisnis Ala Rasulullah

Loading...
KajianLagi - Mau tau kunci sukses bisnis ala Rasulullah Muhammad SAW? Bukan rahasia lagi jika Rasulullah merupakan pebisnis sukses yang pernah mengalami masa kejayaan di masa hidupnya. Beliau menjalani hidup sebagai pebisnis sukses selama 28 Tahun, mulai dari usia 12 tahun hingga 40 tahun. Hem, wow banget khan? Kira-kira apa kiat suksesnya sehingga Beliau berhasil menjadi pebisnis sukses di usia yang terbilang masih sangat muda. 


Agar lebih jelasnya, simak Delapan rahasia Sukses berbisnis Ala Rasulullah yang hebat, berikut ini : 

Berprinsip Transparansi

Ketika sedang berbisnis, beliau selalu jujur (transparan)  dalam menjelaskan keunggulan dan kelemahan produk yang dijualnya. Ternyata prinsip transparasi beliau itu menjadi pemasaran yang efektif untuk menarik para pelanggan.

Service Excelence

Nabi mencintai para pelanggannya seperti mencintai dirinya sehingga selalu melayani mereka dengan sepenuh hatinya.  Selain itu juga dalam prinsip ini nabi menganggap pelanggannya adalah saudaranya sendiri yang perlu dibantu dalam hal bisnis atau perdagangan karena Nabi mengaggap bahwa kegiatan bisnis adalah sebuah kegiatan untuk membantu sesama dalam memecahkan masalahnya

Customer satisfaction

Nabi selalu membuat pelanggan merasa puas atas layananya dalam hal ini Nabi selalu  menepati janjinya kepada pelanggan, seperti selalu menepati deadline seseuasi dengan kesepekatan yang telah dibuat.  Hal ini akan menjadi kelebihan tersendiri bagi usaha atau bisnis yang kita kerjakan.

Margin keuntungan secukupnya saja.

Nabi Mengambil untung setiap yang dijual tidak terlalu besar, Ternyata kiat mengambil margin keuntungan yang dilakukan beliau sangat efektif, semua barang yang dijualnya selalu laku dibeli Orang-orang lebih suka membeli barang-barang jualan Muhammad daripada pedagang lain karena bisa mendapatkan harga lebih murah dan berkualitas

Tidak Menjatuhkan Kompetitor

Nabi sangat melarang ini sebagaimana sabda beliau 
"janganlah seseraong dari kalian menjual barang dengan tujuan menjelekkan apa yang dijual orang lain. (HR. Bukahri)
Nabi menghimbau prinsip uma dalam binis adalah kepuasan pelanggan dalam menjual produk dan layanan terhadapa pelanggan

Penimbunan Barang

Menimbun barang dalam jumlah besar pada saat barang langka dan nantinya akan dijual dengan harga yang tinggi Hal ini sangat dilarang oleh islam.  Praktek ini dalam islam disebut ikhtikar dan pastinya hukumnya adalah haram.  Ini adalah kegiatan mengambil kesempatan untuk mengambil keuntungan yang besar pada saat masyarakat sedang susah dan panik. 

Sejahterakan Para Karyawan

Dalam menjaga hubungan dengan karyawan Nabi selalu membayar gaji tepat pada waktunya. karena Nabi menyadari bahwa Para karyawan telah memeberikan semua tenaga dan waktunya, maka beliau selalu membayar gaji karyawannya selalu tepat waktu.  sebagaimana sabda beliau 
"Berikanlah upah kepada seorang pekerja sebelum keringatnya kering."(HR. Ibnu Majah)

Menjaga Hubungan Dengan Rabb-Nya

Contohlah Rasul meskipun dia seorang pebisnis besar, Beliau tidak melupakan Tuhannya.   Harta dan kekayaan bukanlah sebuah tanda suskesnya seseorang.  Ada banyak zaman sekarnag, mengaku Islam tapi tidak sholat dan lupa membayar kewajiban seorang pebinis untuk membayar zakat. Allah sangat membenci orang seperti ini. Jaga hubungan dengan tuhanmu niscaya Allah akan Jaga binismu.
Demikianlah prinsip dan kiat kiat dasar Rasullullah dalam sukses Berbinis. semoga kita ummatnya dapat menjadikan contoh apa yang dilakukannya agar bisnis dan usaha kita dapat sukses dan berkembang.

Baca Artikel Keren Lainnya
Tujuh Ciri Istri yang Mendatangkan Keberkahan
Suka Berhutang? Ini Bahayanya di Dunia dan di Akhirat!
Tiga Hal Sepele Ini Dapat Memperberat Siksa Kubur
Manfaat Wudhu Sebelum Tidur yang Wajib Anda Tahu
Ancaman Bagi yang Suka menunda Mandi junub