Sabtu, 23 Juli 2016

Inilah Posisi Tidur Para Penghuni Neraka

Loading...
Tidur merupakan moment terbaik untuk mengistirahatkan seluruh anggota tubuh setelah seharian beraktivitas. Posisi tidur yang baik akan membuat badan segar dan pikiran fresh saat bangun pagi. Sebaliknya, posisi tidur yang salah akan membuat tubuh lemas, terasa sakit semua, dan tak bertenaga. Jika Anda sering mengalami hal itu, sebaiknya coba terapkan cara tidur secara islami. Meski hanya masalah tidur, ternyata islam juga menerapkan adab dan aturan tersendiri, diantaranya : Rasulullah SAW menganjurkan umatnya agar tidur menghadap ke kanan. Dengan mengikuti petunjuk Rasulullah, Anda tidak hanya mendapatkan pahala sunnah, tapi juga khasiat yang luar biasa terhadap kesehatan.

Ternyata selain menganjurkan posisi tidur yang baik, Islam juga melarang posisi tidur tertentu, karena tidak hanya mengundang murka Allah SWT, tapi juga membuat kita dicap sebagai salah satu penghuni neraka. Hem, kira-kira bagaimanakah posisi tidur yang dilarang tersebut? Agar lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini :

Tengkurap

Tidur tengkurap tidak hanya buruk bagi kesehatan, tapi juga mengundang murka Allah  SWT, sebagaimana dijelaskan dalam hadits, berikut ini :
Rasulullah SAW dalam hadistnya ketika Beliau mendatangi sebuah masjid. Ia melihat seorang yang tinggal di masjid Nabawi sedang tidur tengkurap. Kisah yang diriwayatkan oleh Thakhfah Al-Ghifari RA salah seorang yang tinggal di masjid Nabawi berkata,
“Aku tidur di masjid pada akhir malam, kemudian ada orang yang mendatangiku sedangkan aku tidur dengan posisi tengkurap. Lalu berkata: “Bangunlah dari tengkurapmu, karena tidur yang demikian adalah tidurnya orang-orang yang dimurkai Allah.” Kemudian aku angkat kepalaku, maka ketika kulihat ia adalah Rasulullah SAW, maka akupun kemudian bangkit.” [HR. Bukhari]
Dalam hadits lainnya, Rasulullah SAW menyebutkan jika posisi tidur tengkurap adalah posisi tidurnya para penghuni neraka.
“Tidur tengkurap adalah posisi tidurnya penghuni neraka.” [HR. Ibnu Majah]

Bahaya tidur tengkurap bagi kesehatan

Apa yang diperintahkan Allah, pasti didalamnya terdapat manfaat. Sebaliknya, apa yang dilarang oleh Allah, pasti didalamnya terdapat mudharat. Demikian pula dengan masalah tidur tengkurap yang ternyata didalamnya terdapat banyak bahaya dari sisi medis. Diantara bahaya tersebut, adalah :
Tidur tengkurap dapat mengganggu pernafasan, karena organ pernafasan dan otot dada dalam posisi terhimpit sehingga tidak bisa bekerja maksimal dan membuat seseorang sulit bernafas/sesak. Selain itu, posisi tidur tengkurap juga membuat posisi jantung terhimpit sehingga berisiko membahayakan kesehatan jantung. Bahkan disebutkan pula jika posisi tidur tengkurap juga dapat menganggu fungsi otak, karena posisi jantung yang terhimpit tadi membuat terganggunya aliran darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk : otak.
Semoga informasi yang berjudul Inilah Posisi Tidur Para Penghuni Neraka  diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.