Sabtu, 27 Mei 2017

Amalan Sederhana Saat Ramadhan Ini Buat Anda Panen Pahala Melimpah

KajianLagi - Bulan puasa merupakan bulan memanen pahala dan memperbanyak kebaikan. Karena pada bulan ini, kita memiliki kesempatan yang luar biasa untuk memanen ratusan bahkan ribuan pahala. Jadi selain Anda mendapatkan pahala dari amalan yang Anda kerjakan sendiri, Anda juga berkesempatan memanen pahala orang lain, tanpa dikurangi sedikitpun dari pahala orang yang bersangkutan. Mungkin Anda heran, bagaimana bisa kita memanen pahala orang lain? Ternyata itulah kenyataannya, karena pada bulan ramadhan ini, Anda berkesempatan memanen pahala orang lain tanpa batas. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak langsung informasinya berikut ini :  Pahala Berlipat-Lipat Bagi Orang yang Suka Memberi Utang 
memberi buka puasa orang/netralnews.com

1.    Membuka puasakan orang

Membuka puasakan orang lain membuat Anda berkesempatan memanen pahala melimpah dari orang yang sudah kita buka puasakan, tanpa sedikitpun mengurangi pahala orang yang bersangkutan. Anda bisa melakukan cara yang paling sederhana, seperti misalnya : memberikan air mineral ke masjid, mushola atau di jalan raya saat maghrib sehingga memudahkan orang yang hendak berbuka puasa. 8 Tips Agar Usaha Anda Tak Sekedar Sukses Tapi Juga Berkah
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.” (HR. At Tirmidzi, beliau berkata, “Hadits Hasan Shahih”)
Bahkan dalam hadits Salman Al-Farisi juga disebutkan keutamaan dari membuka puasakan orang, yang artinya adalah : Benarkah Menikah Membuka Pintu Rezeki?
Barangsiapa menyediakan makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, niscaya hal itu akan menjadi penghapus dosa-dosanya dan menjadi pembebas dirinya dari api Neraka. Dan ia akan mendapat pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun.

Apakah kita harus memberi buka puasa dengan makanan mewah dan mahal?

Para sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, tidak semua orang mampu menyediakan buka orang yang berpuasa?” Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam menjawab: “Pahala ini Allah berikan bagi siapa saja yang menyediakan makanan bagi orang yang berbuka puasa meskipun berupa susu bercampur air, kurma atau seteguk air. Barangsiapa memberikan seteguk air bagi orang yang berbuka, niscaya Allah akan memberinya minum seteguk air dari telagaku, ia tidak akan dahaga selamanya hingga masuk ke dalam Surga.”

2.    Membantu melayani orang yang berbuka puasa

Jika Anda tidak memiliki harta untuk membuka puasakan orang lain, Anda bisa membantu melayani orang-orang yang berbuka puasa. Meski sepele, namun perbuatan ini dapat membuat Anda panen pahala juga loh, jadi masihkah Anda malas membantu melayani orang yang hendak berbuka puasa?

3.    Bertukar makanan dengan teman yang berbuka puasa

Jika memang tidak sanggup melakukan kedua hal diatas, setidaknya And abisa memanen pahala orang lain dengan cara bertukar makanan dengan teman. Sederhana banget khan, tapi jangan disepelekan karena cara ini juga bisa membuat Anda panen pahala orang lain.
Berlomba-lombalah membuka puasakan orang lain, tanpa kecuali
Apakah kita hanya boleh membukapuasakan orang miskin saja? Tentu saja tidak, karena tidak disyaratkan yang diberi makan harus seorang fakir. Dalam sebuah hadits Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam bersabda: “Siapa saja di antara orang mukmin yang memberi makan saudaranya sesama mukmin yang lapar, niscaya Allah akan memberinya buah-buahan Surga. Siapa saja di antara orang mukmin yang memberi minum saudaranya sesama mukmin yang dahaga, niscaya Allah akan memberinya minuman Rahiqul Makhtum.” (HR. At-Tirmidzi dengan sanad hasan)


Tags : pahala memberi makan orang lain, keutamaan memberi makan orang lain, pahala memberi buka puasa, hadits shahih tentang memberi makan, hadits memberi makanan, keutamaan memberi makan orang miskin, hadits tentang keutamaan memberi sedekah
Loading...