Ini Alasan Mengapa Muslimah Harus Mengenakan Kaus Kaki

KajianLagi - Menutup aurat dengan sempurna merupakan salah satu kewajiban bagi muslimah. Wajib karena memang Allah perintahkan, sebagaimana dalam firmanNya, berikut ini : Ini Tiga Orang Yang Tidak Akan Diajak Bicara Oleh Allah Di Hari Kiamat
 Allah subhanahu wata'ala berfirman;
“Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. Al Ahzab: 59)
kaus kaki wajib/http://intisari.grid.id

Ini Alasan Mengapa Muslimah wajib memakai kaus kaki

Semua muslimah yang sudah menginjak usia baligh wajib mentatati perintah Allah tentang menutup aurat. Sayangnya, tidak semua muslimah tahu apa sajakah bagian tubuh yang termasuk aurat dan wajib ditutupi. Yang penting mengenakan pakaian tertutup dan jilbab saja dianggap sudah cukup, padahal ada beberapa bagian tubuh yang sering diabaikan, salah satunya kaki. Kaki termasuk salah satu aurat yang wajib ditutupi. Hanya wajah dan telapak tangan sajalah yang boleh terlihat, sebagaimana dalam sebuah hadits, yang artinya : Untuk Suami, Pikirkan 6 Hal Sederhana Ini Sebelum Menghianati Istrimu
Dari ‘Aisyah radhiallahu‘anha, beliau berkata, Asma’ binti Abu Bakar pernah menemui Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam dengan memakai pakaian yang tipis. Maka Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam pun berpaling darinya dan bersabda, “wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita itu jika sudah haidh (sudah baligh), tidak boleh terlihat dari dirinya kecuali ini dan ini”, beliau menunjuk wajahnya dan kedua telapak tangannya. (HR. Abu Daud)
Selain memenuhi perintah Allah untuk menutup aurat, ternyata ada beberapa alasan lain mengapa muslimah harus mengenakan kaus kaki, diantaranya adalah :

Mencegah kaki lecet

Mengenakan sepatu tanpa kaus kaki dapat memicu kulit kaki lecet, apalagi jika Anda menggunakannya dalam waktu lama. Maka itu selalu gunakan kaus kaki  untuk menghindari terjadinya lecet akibat gesekan pada dinding atau alas sepatu.

Melindungi kaki dari bakteri dan jamur

Kaki yang terbuka membuat debu, kotoran dan polusi menempel. Nah, kaus kaki dapat melindungi dari semua itu sehingga bakteri dan jamur juga tidak menginfeksi kaki Anda,

Mencegah kaki berbau tidak sedap

Kaki memiliki kelenjar keringat yang banyak dibandingkan bagian tubuh lainnya, maka itu tak heran jika mudah berkeringat ketika tertutup sepatu. Inilah yang membuat bakteri betah dan memicu bau tak sedap. Nah, menggunakan kaus kaki dapat membantu menyerap keringat dan mencegah bau tak sedap.

Melindungi dari sengatan sinar matahari

Kulit kaki yang tidak terlindungi dnegan baik dapat berpapar dan terbakar matahari sehingga bentuknya akan kering dan menghitam. Tentu sangat tidak menarik, bukan?

Menjaga kelembapan alami kaki

Kaki mudah sekali berkeringat, maka itu kaus kaki berfungsi membantu menjaga kelembapan alami kaki, karena kaus kaki yang baik membantu menyerap keringat.

Membuat Anda tetap hangat saat musim dingin

Ketika musim dingin atau hujan, kaus kaki dapat membantu menghangatkan tubuh. Jadi Anda tidka perlu khawatir lagi akan kedinginan.

Bagaimana Cara Menutup Kaki?

Menutup kaki bisa dilakukan dengan mengenakan celana double yang longgar dan kaus kaki yang menutup sempurna seluruh bagian kaki. Jadi, apapaun pakaian yang Anda kenakan, jangan pernah lupa untuk menyempurnakannya dengan kaus kaki ya, sobat muslimah. Alangkah sayangnya jika hanya karena abai mengenakan kaus kaki, lantas kita harus menanggung akibatnya di akhirat kelak. Semoga semakin banyak muslimah yang menyadari akan pentingnya mengenakan kaus kaki saat beraktivitas di luar rumahnya. Aamiin… Dua Penyakit yang Banyak Diderita Manusia Akhir Zaman

Tags : wajibkah wanita memakai kaos kaki, apakah kaki termasuk aurat bagi wanita, hukum memakai, kaos kaki warna kulit, hukum memakai kaos kaki saat shalat, aurat kaki wanita keringanan yang dibenarkan, muslimah pakai kaos kaki, kaos kaki muslimah panjang, hukum memakai kaos kaki bagi laki-laki
Share on Google Plus

About Mama Punya Cerita Vlog

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment