Loading...

Ini Dia 6 Makanan Favorit Rasulullah yang Bagus untuk Kesehatan

KajianLagi - Siapa sich yang tidak mengagumi dan mengidolakan Rasulullah? Bahkan apa yang menjadi kebiasaan maupun kesukaan Rasulullah banyak diikuti oleh umat islam di hampir seluruh penjuru dunia. Kenapa demikian? Meneladani apapun yang diperbuat rasulullah tidak hanya bernilai pahala sunnah, tapi juga sudah pasti member manfaat yang luar biasa, contohnya masalah makanan favorit. Tahukah Anda jika semasa hidupnya, Rasulullah juga memiliki beberapa jenis makanan favorit yang selalu dipuji ketika beliau menyantapnya. Makanan tersebut tidak hanya lezat, tapi juga mengandung banyak nutrisi sehingga terbukti dapat menyehatkan tubuh. Apa sajakah makanan favorit Rasulullah tersebut? Ini Alasan Mengapa Muslimah Harus Mengenakan Kaus Kaki 

makanan favorit rasulullah//sayapmedia.com
Agar lebih jelasnya, simak 6 makanan favorit rasulullah, berikut ini :

1.    Labu Kuning

Labu kuning termasuk salah satu makanna favorit Rasulullah. Tanaman merambat ini memiliki daging buah yang kuning dan teksturnya lembut serta rasa yang manis alami. Tentang kesukaan rasulullah pada labu, kita bisa menyimak hadits berikut yang artinya : Ini Tiga Orang Yang Tidak Akan Diajak Bicara Oleh Allah Di Hari Kiamat
“Seorang penjahit mengundang rasulullah saw untuk menghadiri suatu jamuan makan kata Annas,”Aku berangkat bersam Rasulullah menghadiri jamuan makan tersebut. Kepada rasulullah tuan rumah menghidangkan roti dari gandum serta kuah berisi labu dan dendeng. Aku melihat Rasulullah mencari labu dari seputar mangkuk kuah itu. Sejak hari itu, aku pun menyukai labu.” (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Dhawud)
Dari riwayat lain Annas ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Aku melihat Rasulullah dihidangkan semangkuk kuah berisi labu dan dendeng. Dan aku melihat beliau mencari labu di mangkuk itu dan memakannya.” (HR.Bukhari dan Muslim)

2.    Daging Kambing

Daging kambing juga termasuk makanan favorit Rasulullah. Bahkan banyak sekali riwayat dari para sahabat yang mengisahkan tentang kegemaran Rasulullah SAW menyantap daging kambing, diantaranya yang artinya:
Dhuba’ah binti Zubair menceritakan bahwa Ia pernah menyembelih seekor kambing. Ketika utusan Rasulullah SAW menemuinya, yang tersisa dari daging kambing itu hanya lehernya, sehingga Ia malu jika harus menghadiahkan kepada beliau. Utusan Rasulullah SAW kemudian menceritakan itu kepada Beliau. Lalu Beliau bersabda “ Kembalilah kepadanya dan katakan, “Antarkan saja leher tersebut, karena itu adalah penunjuk kambing. Lebih dekat kepada kebaikan dan paling jauh dari penyakit” (HR Bukhori Muslim dan Ahmad).
Dalam riwayat lain juga disebutkan :
Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah disuguhi daging. Bagian kaki (dari daging itu atau paha) diberikan kepada Beliau. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukainya, maka beliau menggigit daging itu”. (HR. Bukhari dan Muslim)

3.    Roti gandum

Selain makanan diatas, ternyata Rasulullah juga menyukai roti gandum. Sebagaimana disebutkan oleh Jabir Ibnu Abdullah ra. menceritakan, suatu ketika Ia sedang duduk di rumahnya, lalu Rasulullah SAW lewat di depannya dan memanggilnya dengan isyarat. Selanjutnya beliau mengajak Jabir pergi. Mereka berjalan hingga sampai di rumah salah seorang istri beliau. Rasulullah SAW masuk dan menyilakan Jabir masuk juga.
“Adakah engkau sedia makanan?”Tanya Rasulullah SAW kepada istrinya
“Ada” Jawab istri beliau. Lalu dihidangkan tiga roti di hadapan beliau.
Rasulullah SAW mengambil sepotong, lalu mengambil sepotong lagi untuk Jabir. Setelah itu yang satu lagi beliau bagi dua separuh buat beliau dan separuh lagi buat Jabir.
“Tidak ada sambal?” tanya Rasulullah SAW kepada istrinya.
Sang istri menjawab “tidak ada apa-apa selain cuka”
“Bawalah kemari, cuka juga enak” Jawab Rasulullah (HR Muslim)
Nabi Muhammad juga pernah memuji roti yang dihidangkan kepada beliau “Ini adalah makanan terbaik penduduk dunia dan penduduk akhirat” (HR.Ibnu Majah)

4.    Cuka

Diatas juga disebutkan jika selain roti, Rasulullah juga menyukai cuka, karena sangat bermanfaat untuk kesehatan.
“Karena itu” ungkap Jabir ra “ Aku selalu memberi cuka sejak aku mendengar hal itu dari Nabi (HR Muslim dan empat ahli hadist lainya kecuali Nasa’i)

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga terbukti bermanfaat bagi kesehatan, maka itu tak heran jika rasulullah sangat menyukainya
Dari Abi Usaid Al-Anshari bahwa ia berkata, Rasulullah saw bersabda, "Makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi”. (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi).

6. Semangka

Buah yang menyegarkan ini ternyata juga difavoritkan oleh Rasulullah. Tidak percaya, simak langsung dalam penjelasan hadits yang artinya :
Abdullah ibn Jafar ibn Abi Tholib, berkata : Saya pernah melihat Rasulullah SAW makan Rutob dan mentimun (HR. al Bukhari) Aisyah menceritakan bahwa : Rasulullah SAW suka makan Semangka dan Rutob.(HR. Abu Dawud dan al-Tirmidzi)
Anda pasti sudah tidak asing lagi dnegan beberapa makanan favorit Rasulullah diatas, bukan? Jelas saja, karena beberapa makanan tersebut bisa kita temukan dengan mudah pada masa sekarang ini. Semoga kita termasuk orang yang selalu meneladani Rasulullah dalam hal apa saja, termasuk urusan memilih makanan.

Tags : makanan nabi muhammad sehari hari, warna yang tidak disukai nabi muhammad, minuman kegemaran rasulullah kopi, binatang kesukaan nabi muhammad, olahraga yang disukai rasulullah, makanan rasulullah saat sahur, batu kesukaan nabi muhammad, daging kesukaan nabi muhammad
Loading...
Share on Google Plus

About Mama Punya Cerita Vlog

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment