Kamis, 16 November 2017

Wajib Tahu, Ini Waktu-Waktu Ketika Pintu Langit Dibuka

Loading...
KajianLagi - Wajib Tahu, Ini Waktu-Waktu Ketika Pintu Langit Dibuka - Tahukah Anda apa yang terjadi ketika berdoa saat pintu langit dibuka? Berdoa saat pintu langit dibuka bisa mempercepat terkabulnya doa, berbeda ketika kita berdoa pada waktu lain yang kadangkala tertolak atau tak kunjung diijabahi. Maka itu, tak heran jika banyak sekali hadits yang mengajurkan agar kita selalu berdoa tepat pada waktu pintu langit terbuka. Tapi masalahnya, kapan waktu terbukanya pintu langit tersebut? Ternyata ada beberapa riwayat yang menyebutkan waktu-waktu dimana pintu langit tengah dibuka.  Wanita, Ini Dosa Lisan yang Menyeretmu Ke Neraka  
saat pintu langit dibuka/herzensweisheit.wordpress.com
Nah, jika ingin doa cepat dikabulkan, sebaiknya kita senantiasa memanfaatkan moment istimewa ini untuk memanjatkan doa yang terbaik. Ingin tahu kapan waktu tepatnya pintu langit dibuka? Simak informasinya berikut ini : Ingin Rejeki Lancar? Ini Doa Menarik Rejeki dari Berbagai Penjuru

Sebelum Zhuhur

Sebelum zuhur merupakan waktu terbukanya pintu langit, maka itu snagat dianjurkan untuk mengerjakan shalat qabliyah duhur serta berdoa yang terbaik.
"Sesungguhnya, pintu-pintu langit dibuka hingga tergelincir matahari dan tidaklah tertutup hingga shalat zhuhur, maka aku ingin saat itu yang naik bagi ku adalah suatu kebaikan," (Hadits Shahih, At Taghrib 584).
Disebutkan pula dalam riwayat lain, yakni :
"Bergembiralah pkalian! ini adalah Tuhan kalian. Sungguh Allah telah membuka satu pintu dari pintu-pintu langit dan membanggakan kalian di hadapan para malaikat dengan mengatakan; Kalian lihatlah hamba-hamba-KU, mereka telah menyelesaikan suatu kewajiban dan menanti kewajiban yang lainnya," (Ash-Shahihah 661, Sunan Ibnu Majah 850).

Saat tengah malam

Selain itu, pintu langit juga akan dibuka pada saat tengah malam, maka itu jangan pernah sia-siakan waktumu ketika terjaga di tengah malam.
"Pintu-pintu langit yang dibuka pada saat tengah malam lalu ada suara yang memanggil: 'Apakah ada orang yang berdoa?, lalu orang itu pun dikabulkan. Apakah ada orang yang meminta?, lalu orang itu pun diberikan. Dan apakah ada orang yang dalam kesulitan?, maka orang itu pun dilapangkan,'" (Shahih Al Jami' 376).

Saat Adzan berkumandang

Saat adzan berkumandang juga merupakan waktu dibukanya pintu langit, karena itu dianjurkan untuk bersuci, menjawab adzan serta berdoa.
"Apabila seorang muadzin mengumandangkan adzan maka terbukalah pintu-pintu langit dan dikabulkan lah doa," (Shahih Al-Jami' 803).

Waktu menanti dua shalat

Menunggu dua waktu shalat juga termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa, karena itu jangan sia-siakan dengan perbuatan yang tidak bermanfaat.
Rasulullah saw bersabda, ”Bergembiralah kalian, Ini adalah Tuhan kalian sungguh Dia swt telah membuka satu pintu dari pintu-pintu langit dan membanggakan kalian dihadapan para malaikat dengan mengatakan,’Kalian lihatlah hamba-hamba-Ku, mereka telah menyelesaikan suatu kewajibannya dan menanti kewajiban yang lainnya.” (ash Shaihah 661, sunan Ibnu Majah 850)

Saat membaca doa ifttah

Setelah membaca takbir shalat, kita membaca doa iftitah. Tahukah jika doa tersebut sangatlah ajaib karena membuat pintu langit terbuka.
Ketika kami melaksanakan shalat bersama Rasulullah saw, lalu ada seseorang yang mengatakan,”Allahu Akbar Kabiron Wal hamdulillah Katsiron Wa Subhanallahu Bukrotan wa Ashilan.”
Lalu Rasulullah saw bersabda,”Siapakah yang mengatakan kalimat ini dan itu.’ Lalu orang itu berkata,’Saya wahai Rasulullah saw.’ Beliau bersabda,”Aku tertegun dengannya dan pintu-pintu langit pun terbuka.’ Ibnu Umar berkata,’Aku pun tidak pernah meninggalkan kalimat-kalimat itu sejak mendengar sabda Rasulullah itu.” (Shahih Muslim)

Saat berjihad di jalan Allah dan hujan lebat

Waktu lain yang membuat pintu langit terbuka adalah saat kaum muslim berjihad di jalan Allah dan juga saat hujan lebat.
Sesungguhnya pintu-pintu langit terbuka saat barisan (kaum muslimin) yang berjihad di jalan Allah melakukan penyerangan, ketika turun hujan lebat, ketika iqomat untuk melaksanakan shalat wajib maka raihlah keberuntungan didalamnya dengan berdoa.” (al Mausu’ah al Fiqhiyah juz II hal 7163)
Setelah mengetahui waktu-waktu dibukanya pintu langit diatas, pastinya kita tidak akan menyia-siakannya lagi. Segera perbanyak berdoa untuk kebaikan diri, keluarga, dan saudara muslim kita di seluruh penjuru dunia.