Senin, 12 Februari 2018

Takziah dan Shalat Jenazah Buat Anda Mendapatkan Balasan Besar Ini

Loading...
KajianLagi - Mungkin Anda sudah sering takziah ke rumah tetangga, teman, saudara atau siapapun yang mneinggal dunia? Takziah atau yang sering disebut “ngelayat” orang meninggal ini merupakan tradisi yang sudah turun temurun di masyarakat. Tahukah Anda jika dibalik kebiasaan takziah ini tersimpan keutamaan yang sungguh luar biasa besar. Takziah akan semakin sempurna jika dilanjutkan shalat jenazah dan mengawal jenazah hingga ke peristirahatan terakhirnya. Namun untuk shalat jenazah sendiri hukumnya adalah fardhu kifayah yang artinya jika sudah ada kaum muslimin yang melakukannya, maka gugurlah yang lainnya. Kenapa Rasulullah Menyebutkan Ibu 3 Kali Baru Ayah?
shalat jenazah/http://mondayreview.com
Ingin tahu apa sajakah keutamaan besar yang diperoleh seseorang yang bertakziah, menyolatkan jenazah dan mengantarkan hingga dimakamkan? Simak penjelasan dalam hadits berikut ini : Wajib Tahu! Ini 8 Nama Surga dan Siapa Penghuninya Kelak

•    Mendapatkan pahala sedekah yang luar biasa

Sedekah dapat mendatangkan manfaat yang luar baisa untuk diri Anda sendiri, dari mulai :
mendapatkan keberkahan hidup, terhapusnya dosa, naungan di hari akhir, pahala yang berlipat-lipat, pintu surga, terbebas dari siksa kubur, terhindar dari siksa neraka, dijauhkan dari bencana, panjang umurnya, hati lapang dan bahagia, dan masih banyak keutamaan lainnya.

•    Mendapatkan 1 qirath

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menyaksikan jenazah sampai ia menyolatkannya, maka baginya satu qiroth. Lalu barangsiapa yang menyaksikan jenazah hingga dimakamkan, maka baginya dua qiroth.” Ada yang bertanya, “Apa yang dimaksud dua qiroth?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas menjawab, “Dua qiroth itu semisal dua gunung yang besar.” (HR. Bukhari no. 1325 dan Muslim no. 945)
Dalam hadits riwayat Muslim juga disebutkan,
 “Barangsiapa shalat jenazah dan tidak ikut mengiringi jenazahnya, maka baginya (pahala) satu qiroth. Jika ia sampai mengikuti jenazahnya, maka baginya (pahala) dua qiroth.” Ada yang bertanya, “Apa yang dimaksud dua qiroth?” “Ukuran paling kecil dari dua qiroth adalah semisal gunung Uhud”, jawab beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam. (HR. Muslim no. 945)

•    Doanya Diperkenankan

Dari Kuraib, ia berkata,
 “Anak ‘Abdullah bin ‘Abbas di Qudaid atau di ‘Usfan meninggal dunia. Ibnu ‘Abbas lantas berkata, “Wahai Kuraib (bekas budak Ibnu ‘Abbas), lihat berapa banyak manusia yang menyolati jenazahnya.” Kuraib berkata, “Aku keluar, ternyata orang-orang sudah berkumpul dan aku mengabarkan pada mereka pertanyaan Ibnu ‘Abbas tadi. Lantas mereka menjawab, “Ada 40 orang”. Kuraib berkata, “Baik kalau begitu.” Ibnu ‘Abbas lantas berkata, “Keluarkan mayit tersebut. Karena aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah seorang muslim meninggal dunia lantas dishalatkan (shalat jenazah) oleh 40 orang yang tidak berbuat syirik kepada Allah sedikit pun melainkan Allah akan memperkenankan syafa’at (do’a) mereka untuknya.” (HR. Muslim no. 948)
Dalam hadits lain juga disebutkan, yakni : Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau bersabda,
 “Tidaklah seorang mayit dishalatkan (dengan shalat jenazah) oleh sekelompok kaum muslimin yang mencapai 100 orang, lalu semuanya memberi syafa’at (mendoakan kebaikan untuknya), maka syafa’at (do’a mereka) akan diperkenankan.” (HR. Muslim no. 947)
Dari Malik bin Hubairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
 “Tidaklah seorang muslim mati lalu dishalatkan oleh tiga shaf kaum muslimin melainkan do’a mereka akan dikabulkan.” (HR. Tirmidzi no. 1028 dan Abu Daud no. 3166. Imam Nawawi menyatakan dalam Al Majmu’ 5/212 bahwa hadits ini hasan. Syaikh Al Albani menyatakan hadits ini hasan jika sahabat yang mengatakan)
Berbuat baik tak ada batasnya, bahkan ketika seseorang meninggal sekalipun kita wajib memperlakukan dengan baik hingga ke tempat peristirahatan terakhirnya. Semoga Allah selalu ringankan langkah kita untuk selalu berbuat baik. Semoga bermnafaat!